Membuat Judul
Judul berita memang
bukan merupakan hal yang urgen dalam penulisan berita. Tapi bisa menjadi hal
yang vital. Sebelum membaca isi berita pembaca cenderung membaca judulnya lebih
awal. Ketika judul tidak menarik, pembaca akan enggan untuk membaca isinya.
Maka usahakan dalam
membuat judul mudah dimengerti dengan sekali baca, juga menarik, sehingga
mendorong pembaca mengetahui lebih lanjut isi berita. Tapi judul yang menarik
belum tentu benar dalam kaidah penulisan judul. Pada dasarnya judul seharusnya
mencerminkan isi berita. Jadi disamping mencerminkan isi dan menarik. Judul
perlu kejelasan asosiatif setiap unsure subjek, objek dan keterangan.
Pembuatan Lead
Lead merupakan
paragraph awal dalam tulisan berita yang berfungsi sebagai kail sebelum masuk
pada uraian dalam tulisan berita. Ada beberapa maca lead yang bisa digunakan
dalam menulis berita:
1. Lead ringkasan:
Biasanya dipakai dalam penulisan “Berita keras”. Yang ditulis inti beritanya
saja, sedangkan interesting reader diserahkan kepada pembaca, lead ini
digunakan karena adanya persoalan yang kuat dan menarik.
2. Lead bercerita:
Ini digemari oleh penulis cerita fiksi karena dapat mebarik dan membenamkan
pembaca alur yang mengasikkan. Tekhniknya adalah membiarkan pembaca menjadi
tokoh utama dalam cerita.
3. Lead pertanyaan: Lead
ini efektif apabila berhasil menantang pengetahuan pemabaca dalam mengenal
permasalah yang diangkat.
4. Lead menuding
langsung: Biasanaya melibatkan langsung pembaca secara pribadi, rasa ingin tahu
mereka sebagai manusia diusik oleh penudingan lead oleh penulis.
5. Lead Penggoda:
Mengelabui pembaca dengan acara bergurau. Tujuan utamanya menggaet perhatian
pembaca dan menuntunnya supaya pembaca habis cerita yang ditawarkan.
6. Lead Nyetuk: Lead yang
menggunakan puisi, pantun, lagu atau yang lain. Tujuannya menarik pembaca agar
menuntaskan cerita yang kita atawrkan. Gays lead ini sangat has dan ekstrim
dalam bertingkah.
7. Lead Deskriptif:
Menciptakan gambaran dalam pikiran pembaca tentang seorang tokoh atau suatu
kejadian, Lead ini banyak digemari wartawan ketka menulis feature profil
pribadi.
8. Lead Kutipan: Lead
yang mengutip perkataan, statement, teori dari orang terkenal.
9. Lead Gabungan: Lead
yang menggabungkan dua atau lebih macam lead yang sudah ada. Semisal lead
kutipan digabung dengan lead deskriptif.
Pembuatan Ending
Untuk menutup ending
atau ending story, ada beberapa jenis:
1. Penyegar: penuto yang
biasanya diahiri kata-kata yang mengagetkan pembaca dan seolah-olah terlonjak
2. Klimaks: penutup ini
ditemukan pada cerita yang ditulis secara kronologis.
3. Tidak ada
penyelesaian: penulis mengahiri cerita dengan memberikan sebuah pertanyaan
pokok yang takterjawab. Jawaban diserahkan pada pembaca untuk membuat solusi
atau tanggapan tentang permasalahan yanga ada.
Alur Penulisan
Kita sering membaca
sebuah tulisan, tapi setelah selesai kita tidak tahu apa yang dikatakan dan
yang dimaksud oleh tulisan tersebut. Dalam kasus ini, sebagai penulis ia gagal
menyampaikan ide/pikiran pada pembaca. Ada dua kemungkinan kenapa pembaca tidak
memahami tulisan tersebut. Pertama bahasa yang digunakan penulis. Kedua, alur
tulisan yang tidak terarah. Jika yang terjadi adalah factor kedua maka penulis
telah melakukan kesalahan yang sangat fatal.
Ada beberapa hal yang
dapat dijadikan acuan:
1.
Sebab- akibat
2.
Akibat- sebab
3.
Diskriptif-kronologis
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon